New Status
Assalamualaikum, Welcome To My Ryze29 Blog, Jangan Lupa Follow Kami Yah,,,,, Thanks, Wassalam

Rabu, 26 Juni 2013

Tips Seleksi Foto Dengan Background Kompleks

final Tips Seleksi Foto Dengan Background Kompleks

Seleksi foto dengan Photoshop merupakan sebuah proses yang paling banyak dilakukan dan ditanyakan oleh banyak orang. Ada banyak proses atau cara
seleksi foto dengan Photoshop. Masing-masing memiliki keuntungan dan sangat tergantung dari foto atau subjek yang akan diseleksi. Cara termudah seleksi foto dengan Photoshop adalah apabila background dari subjek cenderung monotone atau tidak terlalu kompleks. Maka seleksi foto dengan Photoshop bisa dilakukan dengan tool seperti Magic Wand dan Quick Selection Tool dengan cepat dan hasilnya juga cukup akurat.
Namun apa yang bisa dilakukan apabila proses seleksi foto dengan Photoshop ini dilakukan pada foto dengan background atau latar belakang yang kompleks dan tidak monotone? Hal ini yang ditanyakan oleh salah seorang follower FotografiDesain di Twitter yaitu @ryanfendi1 yang menanyakan tips untuk seleksi foto dengan photoshop apabila backgroundnya banyak warna atau cukup kompleks.
Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya di awal tulisan ini, banyak cara untuk seleksi foto dengan Photoshop. Mulai dari yang mudah seperti Magic Wan, Quick Selection Tool, Magnetic Lasso, dll. Namun ada satu tool yang pada dasarnya adalah sebuah tool bukan diperuntukkan khusus untuk seleksi namun lebih dibuat untuk menggambar (drawing) yaitu Pen Tool. Saya tidak akan membahas secara detail bagaiman cara menggunakan Pen Tool ini (akan saya buat dalam bentuk tutorial terpisah), namun saya sangat merekomendasikan buat teman-teman mempelajari bagaiman menggunakan tool ini. Karena cara seleksi yang paling baik, presisi dan advance serta banyak digunakan oleh retoucher pro adalah dengan menggunakan Pen Tool ini.
Sedikit tentang Pen Tool, apabila Anda sudah pernah dan terbiasa menggunakan aplikasi seperti Adobe Illustrator, Macromedia Freehand atau CorelDraw; maka cara kerja dari Pen Tool ini akan terasa familiar. Semua shortcut dan behaviour dari tool ini di Adobe Photoshop persis sama dengan di Adobe Illustrator. Dengan menguasai cara kerja Pen Tool ini maka Anda dapat dengan mudah melakukan proses seleksi foto dengan Photoshop terutama untuk subjek yang kompleks yang tidak bisa dilakukan dengan baik menggunakan tool selection lainnya.
Pada tutorial kali ini saya menggunakan contoh foto yang dikirimkan oleh @ryanfendi1 sebagai bahan tutorial kali ini. Pada contoh foto ini saya akan melakukan seleksi hanya pada orang-orangnya saja. Kemudian saya akan pindahkan orang-orang yang ada pada foto ini ke background yang baru dari Cedward Brice sehingga menjadis seperti foto di atas.
Foto pertama:

Foto background:
7220054166 5e63a52028 Tips Seleksi Foto Dengan Background Kompleks
Final :
final Tips Seleksi Foto Dengan Background Kompleks

Tool yang akan saya gunakan untuk melakukan proses seleksi adalah dengan menggabungkan seleksi yang dibuat dengan Quick Selection Tool untuk membuat seleksi awal. Seleksi awal ini tidak harus sempurna, karena tujuannya lebih untuk membuat seleksi pertama untuk mempercepat proses seleksi berikutnya. Setelah membuat seleksi awal dengan Quick Selection Tool lalu saya tambahkan Layer Mask dan langkah terakhir adalah menyempurnakan seleksi pada mask dengan menggunakan Pen Tool.

untuk lebih jelasnya silahkan lihat videonya :



sumber : fotografidesain.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar